KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER

Nama Sekolah             : MTs Ma’arif NU Sumbang                                                                                                         Tahun Pelajaran           : 2009/2010

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia                                                                                                                       Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay

Kelas/Semester            : VII / Ganjil                                                                                                                                       Penyusun Soal             :

No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat. Menyimpulkan berita Disajikan teks berita 

–          Siswa dapat menunjukkan pokok berita yang didengar.

–          Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan berita.

–          Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi berita.

–          Siswa dapat menentukan pertanyaan yang tidak sesuai dengan isi berita.

–          Siswa dapat menyimpulkan isi berita.

1

2

3

4

5

PG

PG

PG

PG

PG

2. Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif. Pengalaman pribadi Disajikan teks bacaan tentang pengalaman pribadi 

–          Siswa dapat menentukan jenis pengalaman.

–          Siswa dapat menentukan jenis pengalaman yang diekspresikan dengan majas hiperbola.

–          Mampu mengembangkan cerita berdasarkan pokok cerita secara urut.

–          Siswa dapat menceritakan pengalaman yang paling mengesankan.

6

7

8

2

PG

PG

PG

Essay

3. Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana. Pengumuman –          Siswa dapat menentukan pelafalan yang tepat dalam teks. 

–          Mampu menyampaikan pengumuman secara lesan dengan memperhatikan tata cara yang benar.

10

PG 

PG

No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
–          Siswa dapat menuliskan pengumuman sesuai dengan ilustrasi dengan menggunakan bahasa yang efektif. 5 Essay
4. Menentukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai. Membaca memindai –          Siswa dapat mengurutkan istilah-istilah yang sesuai susunan dalam kamus. 

–          Siswa dapat menemukan makna kata tertentu.

–          Siswa dapat menemukan makna kata tertentu dalam bacaan dengan cepat.

11 

12

3

PG 

PG

Essay

5. Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit. –          Teks bacaan 200-450 kata 

Disajikan teks bacaan 

–          Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan teks bacaan.

–          Siswa dapat menentukan ide pokok dalam teks bacaan.

–          Siswa dapat menentukan tanggapan sesuai bacaan.

14

15

16

PG

PG

PG

6. Membacakan bagian teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat. Perangkat upacara –          Siswa mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara. 

–          Siswa dapat menentukan tanda jeda pada penggalan teks perangkat upacara.

17 

18

19

PG 

PG

PG

7. Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik. Buku harian –          Siswa dapat menentukan cerita yang termasuk dalam buku harian. 

–          Siswa dapat menentukan cerita pengalaman dalam buku harian yang berupa pemikiran.

–          Siswa dapat menentukan isi buku harian.

–          Siswa dapat menyebutkan manfaat menulis buku harian.

20 

21

22

23

PG 

PG

PG

PG

No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
8. Menulis surat pribadi dengan memperhati kan komposisi, isi dan bahasa. Surat pribadi –          Siswa dapat menentukan sistematika penulisan surat pribadi. 

–          Siswa dapat melengkapi surat pribadi bagian penutup.

–          Siswa dapat menentukan bagian surat pribadi yang terdapat dalam penggalan surat pribadi.

24 

25

26

27

PG 

PG

PG

PG

9. Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan. Dongeng Disajikan dongeng 

–          Siswa dapat menentukan tema yang terdapat dalam penggalan dongeng.

–          Siswa dapat menentukan watak tokoh yang terdapat dalam dongeng.

–          Siswa dapat menentukan amanat dalam dongeng.

–          Siswa dapat menentukan latar yang terkandung dalam dongeng.

–          Siswa dapat menentukan nilai moral yang terkandung dalam dongeng.

–          Siswa dapat menceritakan kembali cerita anak yang didengar.

–          Siswa dapat menyebutkan macam-macam dongeng.

28

29

30

31

32

33

1

PG

PG

PG

PG

PG

PG

Essay

10. Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur dan mimik yang benar. Teknik bercerita –          Siswa dapat menentukan teknik bercerita. 34 s.d 36 PG
11. Menceritakan cerita anak yang dibaca. Cerita anak –          Siswa dapat menyebutkan unsur intrinsik cerita. 

–          Siswa dapat menyebutkan watak tokoh dalam cerita.

–          Siswa dapat menyebutkan latar cerita.

37 

38

39

PG 

PG

PG

No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
12. Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun. Pantun Disajikan pantun 

–          Siswa dapat menentukan isi pantun.

–          Siswa dapat menentukan ciri-ciri pantun.

–          Siswa dapat melengkapi pantun yang rumpang.

–          Siswa dapat membalas pantun.

–          Siswa dapat menentukan isi dan sampiran.

–          Siswa dapat menentukan jenis pantun.

40

41

42

43

44

45

PG

PG

PG

PG

PG

PG

13. Menemukan hal-hal menarik dari dongeng didengarkan. Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan mengim-plementasikannya. –          Siswa mampu menyebutkan macam-macam dongeng dan contohnya. 46 Essay
14. Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif. Cara menceritakan peng-alaman yang mengesankan dan implementasinya. –          Siswa mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif. 47 Uraian
15 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai. Cara menemukan makna kata secara tepat dan implementasi nya. –          Siswa mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan. 48 Uraian
16. Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun. Penulisan pantun –          Siswa mampu menulis pantun. 49 Uraian
17. Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif baik dan benar. Penulisan pengumuman –          Siswa mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif. 50 Uraian

KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER

Nama Sekolah             : MTs Ma’arif NU Sumbang                                                                                                               Tahun Pelajaran           : 2009/2010

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia                                                                                                                              Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay

Kelas/Semester            : VIII / Ganjil                                                                                                                                      Penyusun Soal             :

No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
1. Menganalisis laporan Laporan perjalanan Disajikan dalam bentuk teks laporan perjalanan, siswa mampu menuliskan pokok-pokok laporan. 1 PG
2. Menanggapi isi laporan Laporan perjalanan Disajikan dalam bentuk teks laporan perjalanan, siswa mampu mengajukan pendapat secara tepat. 2 PG
3. Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. Wawancara Disajikan dalam bentuk teks wawancara, siswa dapat membuat daftar pokok pertanyaan untuk wawancara. 3 PG
4. Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. Wawancara Siswa mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. 4 PG
5. Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar. Laporan perjalanan Siswa dapat menyampaikan laporan. 5 PG
6. Menemukan informasi secara tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai. Informasi di dalam ensiklopedi/buku telepon Disajikan ensiklopedi/buku telepon, siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat. 6 PG
7. Mendeskripsikan tempat/arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah. Membaca denah Disajikan sebuah denah, siswa mampu membaca arah mata angin. 7 PG
No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
8. Mendeskripsikan tempat/arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah. Membaca denah Disajikan sebuah denah, siswa mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju. 8 PG
9. Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit. Isi teks bacaan Disajikan dalam bentuk teks bacaan siswa mampu menjawab pertanyaan dengan peluang 75%. 9 PG
10. Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit. Isi teks bacaan Disajikan dalam bentuk teks bacaan siswa mampu menyimpulkan isi teks bacaan. 10 PG
11. Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar. Laporan perjalanan Siswa mampu mengembangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif. 11 PG
12. Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku. Surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah. Siswa mampu menentukan sistematika surat dinas. 12 PG
13. Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku. Surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah. Siswa dapat menulis surat dinas kegiatan sekolah dengan bahasa baku. 13 PG
14. Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku. Surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah. Disajikan sebuah surat dinas siswa mampu menyunting surat dinas. 14 PG
15. Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif. Bahasa petunjuk Siswa mampu mendata urut melakukan sesuatu. 15 PG
No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
16. Menanggapi unsur pembatasan naskah drama. Unsur-unsur pementasan drama. Siswa mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama. 16 PG
17. Mengevaluasi tokoh dalam naskah drama. Pementasan drama Disajikan dalam bentuk naskah drama, siswa mampu menentukan karakter tokoh. 17 PG
18. Mengevaluasi tokoh dalam naskah drama. Pementasan drama Disajikan dalam bentuk naskah drama, siswa mampu menentukan latar tempat. 18 PG
19. Mengevaluasi tokoh dalam naskah drama. Pementasan drama Disajikan dalam bentuk naskah drama, siswa mampu menentukan komponen pendukung karakter tokoh drama. 19 PG
20. Mengevaluasi tokoh dalam naskah drama. Pementasan drama Disajikan dalam bentuk naskah drama, siswa mampu menentukan komponen pendukung karakter tokoh drama. 20 PG
21. Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsic teks drama. Unsur intrinsic teks drama Siswa mampu menentukan unsur-unsur intrinsic teks drama. 21 PG
22. Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsic teks drama. Unsur intrinsic teks drama Siswa mampu menentukan unsur-unsur intrinsic teks drama. 22 PG
23. Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit. Isi teks bacaan Disajikan dalam bentuk teks bacaan, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%. 23 PG
24. Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit. Isi teks bacaan Disajikan dalam bentuk teks bacaan, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%. 24 PG
No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
25. Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar. Laporan perjalanan Siswa mampu menyampaikan laporan secara lisan. 25 PG
26. Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. Wawancara Siswa mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. 26 PG
27. Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. Wawancara Siswa mampu membuat daftar pokok pertanyaan untuk wawancara. 27 PG
28. Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah. Denah Disajikan dalam bentuk denah, siswa dapat membaca arah mata angin. 28 PG
29. Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah. Denah Disajikan dalam bentuk denah, siswa mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju. 29 PG
30. Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa yang baku. Surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah. Siswa mampu menentukan sistematika surat dinas. 30 PG
31. Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa yang baku. Surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah. Siswa mampu menulis surat dinas kegiatan sekolah dengan bahasa baku. 31 PG
32. Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif. Penulisan bahasa petunjuk Mampu mendata urutan melakukan sesuati. 32 PG
No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
33. Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif. Penulisan bahasa petunjuk Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk. 33 PG
34. Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif. Penulisan bahasa petunjuk Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif. 34 PG
35. Menanggapi unsur pementasan naskah drama. Unsur-unsur pementasan drama Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama. 35 PG
36. Menanggapi unsur pementasan naskah drama. Unsur-unsur pementasan drama Mampu menentukan amanat pementasan drama. 36 PG
37. Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama. Pementasan drama Disajikan dalam bentuk drama. Siswa mampu menentukan karakter tiap tokoh. 37 PG
38. Mengidentifikasi unsur intrinsic teks drama. Unsur intrinsic teks drama Siswa mampu menentukan unsur-unsur intrinsic teks drama. 38 PG
39. Mengidentifikasi unsur intrinsic teks drama. Unsur intrinsic teks drama Siswa mampu menentukan unsur-unsur intrinsic teks drama. 39 PG
40. Mengidentifikasi unsur intrinsic teks drama. Unsur intrinsic teks drama Disajikan dalam bentuk teks drama. Siswa mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrinsic. 40 PG
41. Mengidentifikasi unsur intrinsic teks drama. Unsure intrinsic teks drama Disajikan dalam bentuk teks drama. Siswa mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrinsic. 41 PG
No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
42. Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai. Informasi didalam ensiklo-pedi/buku telepon. Siswa mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat. 42 PG
43. Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai. Informasi didalam ensiklo-pedi/buku telepon. Siswa mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat. 43 PG
44. Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai. Informasi didalam ensiklo-pedi/buku telepon. Siswa mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat. 44 PG
45. Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi atau buku telepon dengan membaca memindai. Informasi didalam ensiklo-pedi/buku telepon. Siswa mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri. 45 PG
46. Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dan sistematika yang tepat dan bahasa yang baku. Surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah. Siswa mampu menentukan sistematika surat dinas. 46 Uraian
47. Menanggapi unsur pementasan naskah drama. Unsur-unsur pementasan drama. Siswa mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama. 47 Uraian
48. Mendeskripsikan tempat aau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah. Denah Siswa mampu menentukan cara membaca denah. 48 Uraian
49. Menganalisis laporan Laporan perjalanan Siswa mampu menyebutkan macam-macam laporan. 49 Uraian
50. Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif. Bahasa petunjuk Siswa mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif. 50 Uraian

KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER

Nama Sekolah             : MTs Ma’arif NU Sumbang                                                                                                               Tahun Pelajaran           : 2009/2010

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia                                                                                                                              Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay

Kelas/Semester            : IX / Ganjil                                                                                                                                         Penyusun Soal             :

No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
1. Menyimpulkan isi dialog interaktif dari beberapa narasumber pada tayangan TV/ radio. Memahami dialog interaktif pada tayangan TV/radio. Disajikan sebuah dialog, siswa dapat : 

–          Menentukan pernyataan yang tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh narasumber.

–          Menentukan kesimpulan dari dialog.

1

2

PG

PG

2. Mengkritik/memuji berbagai karya (seni produk) dengan bahasa yang lugas dan santun. Mengkritik karya seni Disajikan penggalan puisi, siswa dapat memberikan pujian yang tepat. 

Disajikan 4 kalimat yang berisi kritik, siswa dapat menentukan kalimat kritikan yang tepat.

4

PG 

PG

3. Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas. Melaporkan berbagai peristiwa. Disajikan satu penggalan laporan peristiwa, siswa dapat menentukan pokok laporan peristiwa tersebut. 

Disajikan satu laporan peristiwa yang rumpang/tidak lengkap, siswa dapat melengkapi.

6

PG 

PG

4. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif. Membedakan fakta dan opini dalam teks iklan. Disajikan satu teks iklan, siswa dapat 

–          Menentukan fakta yang ada.

–          Menentukan opini yang ada.

7

8

PG

PG

5. Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai. Membaca memindai buku berindeks. Disajikan sebuah daftar indeks, siswa dapat : 

–          Menentukan halaman yang tepat dari suatu kata.

–          Menentukan langkah yang tepat jika ingin menemukan informasi tentang suatu kata/istilah.

9

10

PG

PG

No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
6. Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, jelas. Menuliskan iklan baris Disajikan empat jenis iklan siswa dapat : 

–          Menentukan yang tergolong jenis iklan mobil.

–          Menentukan jenis iklan baris.

–          Menentukan kepanjangan iklan no. 2.

11

12

13

PG

PG

PG

7. Meresensi buku pengetahuan Meresensi buku Disajikan kutipan resensi buku, siswa dapat : 

–          Menentukan bagian dan unsur resensi buku.

–          Menentukan kalimat yang tepat digunakan untuk menanggapi isi dari sebuah buku.

14

15

PG

PG

8. Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana. Menyunting karangan Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat : 

–          Menentukan kalimat logis yang tepat untuk menyempurnakan kalimat.

16 PG
9. Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana. Menyunting karangan Disajikan paragraf, siswa dapat : 

–          Menentukan kalimat yang sumbang dalam paragraf.

17 PG
10. Menentukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan. Mendengarkan dan mema-hami syair. Disajikan penggalan syair, siswa dapat : 

–          Menentukan tema syair.

18 PG
11. Menentukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan. Mendengarkan dan mema-hami syair. Disajikan penggalan syair, siswa dapat : 

–          Menentukan pesan syair.

19 PG
12. Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan. Mendengarkan dan mema-hami syair –          Siswa dapat menentukan yang bukan ciri-ciri syair. 20 PG
No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
13. Menentukan kembali secara lisan isi cerita. Menceritakan cerpen –          Siswa dapat menentukan salah satu persiapan yang dilakukan ketika hendak menceritakan cerpen. 21 PG
14. Menentukan kembali secara lisan isi cerita. Menceritakan cerpen –          Siswa dapat menentukan pertanyaan yang tidak tepat ketika hendak menceritakan kembali isi cerpen. 22 PG
15. Menyanyikan puisi yang sudah dimusika-lisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun. Musikalisasi puisi Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan irama yang cocok jika dibuat musikalisasi. 23 PG
16. Menentukan tema, latar, penokohan pada cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen. Membaca cerpen Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat : 

–          Menentukan tema cerpen

–          Menentukan watak tokoh utama

–          Menentukan gambaran dari tokoh

24

25

26

PG

PG

PG

17. Menentukan tema, latar, penokohan pada cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen. Membaca cerpen Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan latar belakang pada penggalan cerpen. 27 PG
20. Menganalisis nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan buku cerpen. Membaca cerpen Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat : 

–          Menentukan gambaran nilai kehidupan yang positif.

–          Menentukan nilai kehidupan yang dapat dipetik dari penggalan cerpen.

–          Menentukan latar pada cerpen.

30

28

29

PG

PG

PG

21. Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio. Penyimpulan dialog interaktif Disajikan kutipan dialog, siswa dapat menyimpulkan dialog interaktif. 31 PG
No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
22. Mengkritik/memuji berbagai karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun. Cara mengkritik karya seni –          Siswa dapat menyampaikan kritik terhadap suatu karya dengan alasan yang logis. 32 PG
23. Mengkritik/memuji berbagai karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun. Cara mengkritik karya seni –          Siswa dapat menyampaikan kritik terhadap suatu karya dengan bahasa yang santun. 33 PG
24. Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan. Mendengarkan dan mema-hami syair. –          Siswa dapat menentukan puisi yang termasuk syair. 34 PG
25. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif. Cara membedakan fakta dan pendapat serta implementasi nya. Disajikan sebuah paragraf : 

–          Siswa dapat menentukan kalimat yang berisi pendapat.

–          Siswa dapat menentukan kalimat yang berisi fakta.

35

36

PG

PG

26. Menentukan tema, latar, dan penokohan pada cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen. Cara menemukan unsur-unsur cerpen dan implemen-tasinya. Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat : 

–          Menentukan latar cerita dalam cerpen.

–          Menentukan watak dari tokoh dalam cerpen.

–          Menentukan amanat dalam cerpen

37

38

39

PG

PG

PG

27. Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari buku indeks melalui kegiatan membaca memindai. Cara menemukan informasi secara cepat dan implemen- tasinya. Disajikan kutipan indeks, siswa dapat : 

–          Menemukan informasi yang sesuai dengan indeks buku.

–          Menemukan halaman buku yang berindeks.

–          Menemukan halaman yang memuat penjelasan mengenai kata “sarkasme”.

40

41

42

PG

PG

PG

28. Melaporkan secara lisan brbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas. Pelaporan berbagai peristiwa Disajikan ilustrasi, siswa dapat : 

–          Melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas.

–          Menentukan sistematika laporan peristiwa.

43

44

PG

PG

No Kompetensi Dasar Materi Indikator Nomor Soal Bentuk Soal
29. Menyanyikan puisi yang sudah dimusika-lisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun. Musikalisasi puisi Disajikan kutipan puisi, siswa dapat : 

–          Menentukan suasana dalam puisi.

45 PG
30. Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana. Penyuntingan karangan Disajikan paragraf yang rancu, siswa mampu menyunting dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat. 46 Uraian
31. Meresensi buku pengetahuan. Cara meresensi buku pengetahuan dan implemen-tasinya. –          Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur penulisan resensi buku pengetahuan. 47 Uraian
32. Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan. Cara menemukan tema dan pesan syair serta implementasinya. Disajikan satu bait syair, siswa dapat menentukan tema dan pesan syair. 48 Uraian
33. Menemukan tema, latar dan penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen. Cara menemukan unsur-unsur cerpen dan implemen-tasinya. Disajikan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat : 

–          Menentukan tema.

–          Menentukan latar dengan bukti faktual.

–          Menentukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan.

49 Uraian
34. Mengkritik/memuji berbagai karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun. Cara mengkritik karya dan implementasinya. Disajikan sebuah karya seni berupa puisi karya siswa, siswa dapat menentukan keunggulan dan kekurangan karya seni (kritikan). 50 Uraian